Merubah hostname linux

Untuk merubah hostname di linux ternyata sangat simple yah. Dalam kasus ini saya pake distro ubuntu yang lokasinya di /etc/hostname. Jika menggunakan distro lain saya kira sama ko. 😉

Caranya buka terminal (Ctrl + Alt + T)

$ sudo nano /etc/hostname

Lalu setelah diubah lakukan perintah berikut diterminal:

$ sudo /etc/init.d/hostname.sh start Continue reading

Vim Cheat Sheet

Dengan cheat sheet mungkin akan lebih mudah memahami bagaimana mengunakan vi/vim di CLI linux. Text editor ringan ini biasa digunakan pada sistem berbasis UNIX. Yeahhh amat penting bro kalo bisa Vim ini, Apalagi saya pernah ngalamin pada sistem operasi linux server yang engga ada editor macem gedit atau nano dan internet pun engga ada atau lemot bin maun (yeahh dibikin mati kutu) yaudah pake Vim dah :bingung:

Pada dasarnya jika ingin mulai edit sebuah file misalkan:

$ vim namafile

Maka kita sudah memulai edit dengan Vim. Selanjutnya jika ingin menambahkan catatan/code pada sebuah file maka gunakan perintah berikut: Continue reading

Mengembangkan Aplikasi Platform As A Service (PaaS) pada OpenShift [Part 1]

Akhir-akhir ini sedang ramai dibincangkan mengenai cloud computing, Sebagai developer kita tidak akan banyak berbincang di IaaS tetapi kita akan fokus di PaaS. Ada dua provider besar di Open Source PaaS yaitu OpenShift dan CloudFoundry. Tetapi ada juga yang menyediakan layanan PaaS seperti Cloudcontrol, AppFog (implementasi dari CloudFoundry), HerokuEngineyard dan PHPCloud dari Zend, Tetapi disini saya akan coba bahas mengenai OpenShift.

Continue reading

Error Log: Invalid command ‘RewriteEngine’, perhaps misspelled or defined by a module not included in the server configuration

Error ini dapat menyebabkan Internal Server Error ketika konfigurasi pada apache salah Bahkan website harus selalu ada index.php pada local server seperti domain/index.php/apps dikarenakan mod rewrite nya belum diaktifkan / belum ada. Khususnya ketika saya lagi menggunakan zend framework dengan url http://zfproject.local/index.php/apps jika saya akses http://zfproject.local/apps (tanpa index.php) menyebabkan  Internal Server Error atau bahkan request ke server tidak ditemukan (404 Not Found). Ternyata begitu saya cek error tersebut dari /var/log/apache2/error.log

$ gedit /var/log/apache2/error.log

Continue reading

Overheat di Linux dan Solusi

Overheating Laptop

Masalah overheating di laptop belum fix hingga saat ini. Ada yang lancar dan ada yang mengalami overheat tergantung dari spec laptop/notebook. Kebetulan saya menggunakan Asus A42JR. Beberapa distro linux yang sudah saya coba dari based debian seperti Kubuntu, Ubuntu, Linuxmint dan PCLINUX, CentOS pun sama OVERHEATING. Mungkin ini masalahnya dikernel dan juga tipe laptop kita, tapi entah lah.

Temperature  > 75°

Temperature laptop saya jika baru di install linux khususnya ubuntu bisa sampai 75° – 85° dan putaran kipas kenceng banget, Jika sampe di 93° laptop akan mati 😀 tapi bagus dong ada sensor direction kalo engga mati bisa kebakar laptop kamu. Jika menjalankan banyak proses pasti akan terus bertambah temperature nya. Continue reading