Cara Setting ODBC MySQL

Open Data Base Connectivity (ODBC),  Merupakan driver database standar, salah satunya bisa digunakan dengan MySQL yang dijalankan pada banyak Sistem operasi, Versi sistem operasinya seperti Windows, Linux, Mac OS X, Solaris DLL. Kebetulan saya lagi di windows maka saya coba buat tutorialnya.

Pertama-tama anda download konektornya di disini silahkan pilih versi terbarunya. http://dev.mysql.com/downloads/connector/odbc/

Lalu install connector mysql tersebut, setelah di install kita buka ODBC Data Source Administartor dengan cara mencarinya via search.

Maka akan tampil seperti dibawah, Nampak MySQL belum ada.

Lalu pilih Add, maka akan muncul dipaling bawah.

Pilih MySQL ODBC [Versinya] Driver.

Catatan, Jika tidak muncul maka anda belum install ODBCnya. Silakan download terlebih dahulu.

Isikan dengan lengkap seperti gambar dibawah ini.

Lalu ditest koneksnya, jika berhasil pilih OK.

Catatan: isi databasenya pada nomer 2 sesuai dengan kebutuhan anda.

Jika berhasil akan Nampak pada user DSN

Selamat mencoba. Nanti kita lanjut jika ada waktu dengan post berikutnya mengenai Koneksi PDO ODBC dengan PHP ­čÖé

Happy Coding !! :metal:

  • sangat bagus gan tutorialnya lengkap dan gampang dicerna…tapi sebelumnya saya minta pencerahannya saya udd ngikutin tutor agan tapi pas di test muncul gambar seperti ini gan..

    • Coba akses ke MySQL prompt / command prompt dulu:

      C:pathtomysqlbin> mysql -u root -p
      masukin passwordnya.

      mysql> show databases;

      kalo berhasil. lihat databasenya yang digunain di ODBC tadi ada ga? kalo yang saya gunakan adalah latihan_mysql

      • nurany

        Mohon maaf sebelumnya, jika ingin mensetting odbc file dns bagaimana ?
        saya sudah buat tetapi error terus.
        saya buat database dengan phpmysql dan ingin menggabungkan dengan mail merge di ms. word.
        mohon pencerahannya.
        terima kasih
        ynnrny@yahoo.com

      • saras

        saya juga sama gan ga bisa

  • Adie

    Itu cuma untuk lokal..

    Klo untuk kebutuhan akses DB dari client ke server settingan ODBC nya gmn?

    Mohon pencerahnnya..

    • kayanya sama aja, cuma ubah localhostNya dengan IP Server

      • adi

        Sya setting dari client selalu gagal dapetin DB yang diserver..

        User : root
        Passwoerd : ( kosong )
        Host : Ip Server

        pas mau pilih database di combo itu gk bisa milih…kosong

        apa yg salah ya..

        • biasanya kesalahan pada settingan LAN atau masalah Firewall. coba check lagi

  • Lupus Sousa

    thx bro…

  • Anugrah

    sya mau tanya, kenapa setelah saya install connector ODBC-MySQL driver, dan saya restart laptop sy, saya tidak menemukan driver tersebut pada pilihan driver.

    ada yg bisa bantu?

    *PS: sy menggunakan windows7, dan mendownload yg versi MSI installer x86, 32-bit.

    • andre

      saya juga sama

  • saras

    error seperti ini gan
    menggunakan windows 8

  • moch zainuddin qomari

    gan dbase di odbc saya kok gak ada itu kenapa ya?