Tinggalkan Bajakan, Ramaikan Open Source !!

Hei teman-temanku setanah air dan sebangsa, Masihkah anda menggunakan produk-produk/software bajakan di PC anda? Ngaku ga.. 😀

Memang saya sadari kurang lebih 85% bahkan 90% mungkin pengguna windows dan banyak diantaranya menggunakan bajakan, Memang kita sadari itu, Saya sendiri sebelumnya mengunakan bajakan dan itu sebelum saya dapat software windows original dari kampus. Ketidak mampuan membeli mungkin salah satu akibatnya. So kenapa tidak beralih saja ke LInux? ehm.. cukup sulit rasanya ya, karena masalah terbiasa dan tidak mau belajar itu yang mungkin mendarah daging :D. BTW bentar lagi puasa nih mungkin saat yang tepat buat meleburkan dosa-dosa yang kita tidak sadari begitu banyak software-softaware, crack dan serial number berserakan di PC Kita yang ilegal. Sebenarnya software-software yang kita dapat dengan serial numbernya itu tidak akan optimal kinerjanya dengan yang original, karena setiap download software dan serial ilegal yang kita gunakan sudah berkurang dengan banyaknya jumlah yang download dengan serial yang sama, walaupun serial tersebut masih bisa digunakan.

Untuk menguranginya software-software bajakan ada baiknya kita mulai menggunakan LInux, kenapa? LInux selain gratis (tetap perhatikan aturan lisensi nya) linux sangat optimal kinerjanya dan jauh di banding windows. saya tidak suka windows yang sering hang ketika menjalankan banyak proses dan yang kedua dari segi keamanan jelas linux lebih unggul dan banyak lagi kelebihan lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Dan saya bukan menjelek-jelekan windows tetapi belajarlah untuk tidak terlalu banyak membajak software dan saya sendiri masih menggunakan windows XP dan windows server di mesin virtual saya. jika kita mampu beli aja yang original.

Yang pasti jika terbiasa menggunakan windows lalu beralih ke sistem operasi linux jelas kita harus belajar lagi, paling tidak kita bakalan pusing menggunakan linux sekitar 3 or 4 bulan. Tergantung dari anda sendiri cara belajarnya seperti apa dan saya sendiri sampe saat ini masih belajar didunia linux.

Dan yang terakhir bicara soal aplikasi yang support windows dan tidak support linux, maka linux mempermudah dengan Wine nya, so jangan kuatir lagi soal aplikasi-aplikasi yang tidak support ke linux. Dan banyak software-software open source yang mendukung linux.

JIka anda seorang developer, Maka linux adalah solusi atas masalah. 😛

  • salah satu dosen d kampus ane pernah bilang jg tu,,
    jangan bergantung sama satu OS saja, pelajarilah yang lain. .
    sampe” tiap ngmpul tugas di suru dlam bntuk softcopy format open office, akhirnya d laptop ane nambah satu OS ubuntu 10.04 deh, hehe

    Berkunjung balik yaa gann,,
    mkasih, ^-^

    • @Okta Sharing Centre :
      Wah bagus dong, dikampus ane kaga ada dosen yang kaya begitu.
      thanks ya udah mampir. 🙂