Overheat di Linux dan Solusi

Overheating Laptop

Masalah overheating di laptop belum fix hingga saat ini. Ada yang lancar dan ada yang mengalami overheat tergantung dari spec laptop/notebook. Kebetulan saya menggunakan Asus A42JR. Beberapa distro linux yang sudah saya coba dari based debian seperti Kubuntu, Ubuntu, Linuxmint dan PCLINUX, CentOS pun sama OVERHEATING. Mungkin ini masalahnya dikernel dan juga tipe laptop kita, tapi entah lah.

Temperature  > 75°

Temperature laptop saya jika baru di install linux khususnya ubuntu bisa sampai 75° – 85° dan putaran kipas kenceng banget, Jika sampe di 93° laptop akan mati 😀 tapi bagus dong ada sensor direction kalo engga mati bisa kebakar laptop kamu. Jika menjalankan banyak proses pasti akan terus bertambah temperature nya.

Bayak artikel menyarankan untuk menginstall jupiter. Agar bisa pengontrol temperature dan mematikan fungsi-fungsi seperti Wifi, Bluetooth dll. Sebenarnya yang perlu anda install pertama kali adalah VGA yang support/yang sesuai dengan tipe VGA yang kita gunakan setelah itu baru install jupiter.

Solusi Overheating

1. Download Driver yang sesuai

Ada 2 cara untuk install driver, download manual dan download langsung dari Additional Drivers.

Cara 1 [ Download manual ]

Jika menggunakan produk ATI/AMD dan sesuaikan versinya liat disini

Karena ekstensi filenya .run jalankan dengan:

sudo sh amd-driver-installer-12-6-x86.x86_64.run

kalo bingung installnya liat disini

Hingga instalasi selesai restart laptop, cari ati yang baru install barusan. Pastikan tidak ada error ya. Jika ada error gunakan cara 2.

Cara 2 [ Recommended jika koneksi lancar ]

Cari di Dash Home Additional Drivers:

Hingga muncul seperti berikut. Pilih install

Install hingga selesai lalu restart. Jika berhasil muncul seperti berikut:

2. Install Jupiter

sudo add-apt-repository ppa:webupd8team/jupiter
sudo apt-get update
sudo apt-get install jupiter

set Performance nya ke Power Saving.

3. Install Powertop

sudo apt-get install powertop
sudo powertop

Ringkasan

Setelah saya install seperti diatas temperature jauh lebih baik. bisa stabil di 50°s/d 70° (tergantung aplikasi yang anda buka dan berapa banyak) dan kipas tidak berisik. Oya temperature di tempat anda juga pengaruh loh apalagi di tempat AC. Saran juga beli fan yang bagus dan jumlah fan nya yang banyak. Semoga berhasil. 😀